Penyebab Evaporator AC Beku di Mobil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Evaporator AC Beku di Mobil dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang tidak mengerti bahwa suhu dalam kabin mobil mereka mampu terlampau berlainan berasal dari cuaca luar. Hal ini sebab proses AC yang canggih yang sangat mungkin untuk menaruh suhu di dalam kabin mobil. Namun, jika proses AC mobil Sahabat pecintaotomotif.com mendadak rusak, Sahabat pecintaotomotif.com tentu dapat menyadarinya bersama dengan segera. Salah satu masalah AC mobil yang paling lazim adalah evaporator AC yang beku.

Penyebab Evaporator AC Beku terhadap Mobil

Evaporator AC beku adalah situasi di mana aliran pendingin AC mobil terhalang dan membekukan evaporator AC. Hal ini menyebabkan aliran hawa berasal dari AC tidak lagi dingin dan kabin mobil menjadi panas. Bisa menjadi AC mobil Sahabat pecintaotomotif.com tidak berfaedah bersama dengan baik, padahal sebelumnya berfaedah bersama dengan baik.

Berikut adalah yang menjadi penyebab evaporator AC beku terhadap mobil:

  1. Kurangnya Aliran Pendingin

Penyebab utama evaporator AC beku adalah kurangnya aliran pendingin. Hal ini berlangsung sebab pendingin mengalami rintangan akibat oksidasi atau kebocoran. Oksidasi adalah reaksi kimia yang menyebabkan susunan oksida di permukaan pendingin, sehingga menghindar aliran pendingin. Selain itu, kebocoran mampu berlangsung sebab banyaknya debu yang masuk ke proses AC, atau bahkan sebab kegagalan komponen AC.

Kurangnya aliran pendingin terhadap evaporator AC mobil mampu menyebabkan situasi beku sebab oksidasi atau bocor. Hal ini dikonfirmasi oleh penelitian yang dikerjakan oleh para pakar di Universitas Mahatma Gandhi di India. Dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa oksidasi dan bocor komponen pendingin mampu mengurangi aliran pendingin yang masuk ke evaporator AC mobil sehingga membuatnya beku.

Sebagai tambahan, sebuah penelitian lain yang dipublikasikan di jurnal SAE (International) terhadap th. 2018 terhitung mengkonfirmasi bahwa kurangnya aliran pendingin sebagai akibat berasal dari oksidasi atau bocor komponen pendingin mampu menyebabkan evaporator AC mobil beku. Penelitian ini terhitung menyatakan bahwa kinerja evaporator mampu diperbaiki bersama dengan pembersihan dan perbaikan komponen pendingin. Kedua penelitian ini menguatkan argumen bahwa kurangnya aliran pendingin terhadap evaporator AC mobil mampu menyebabkan situasi beku akibat oksidasi atau bocor.

  1. Kompresor AC Mobil Kurang Prima

Kurangnya pendingin adalah penyebab utama evaporator AC beku. Namun, masalah ini terhitung mampu disebabkan oleh kompresor AC yang tidak berfaedah bersama dengan baik. Kompresor adalah tidak benar satu komponen utama proses AC dan bertanggung jawab untuk memompa pendingin ke evaporator. Jika kompresor AC rusak atau bermasalah, pendingin tidak dapat diteruskan ke evaporator, sehingga menyebabkan evaporator beku.

Selain itu, AC mobil terhitung mampu mengalami masalah sebab filter AC yang kotor. Filter AC menyaring debu dan kotoran yang masuk ke proses AC. Jika filter kotor, hal ini dapat halangi aliran pendingin, sehingga menyebabkan evaporator beku.

Kompresor AC mobil yang rusak mampu menyebabkan evaporator AC mobil beku sebab kompresor sesuaikan aliran refrigeran yang diperlukan untuk melindungi suhu evaporator di area kabin. Refrigeran yang tidak lumayan atau tidak ada serupa sekali mampu menyebabkan evaporator beku, menurut artikel dalam jurnal Air Conditioning Cooling System Maintenance, jika kompresor AC mobil rusak, maka aliran refrigeran yang diperlukan untuk melindungi suhu evaporator di area kabin dapat terganggu. Ketika aliran refrigeran terganggu, evaporator dapat kehilangan kebolehan untuk memindahkan panas berasal dari area kabin, sehingga evaporator dapat beku. Ini menyebabkan sirkulasi hawa dingin berasal dari AC yang terganggu atau bahkan berhenti.

 

Solusi Mengatasi Evaporator AC Beku

Ketika AC mobil terasa mengalami masalah, pertama-tama, Sahabat pecintaotomotif.com perlu memeriksa komponen-komponen utama AC seperti pendingin, kompresor, dan filter. Jika masing-masing terdengar berfaedah baik, maka Sahabat pecintaotomotif.com perlu memeriksa kebocoran dan oksidasi. Jika Sahabat pecintaotomotif.com menemukan bahwa ada kebocoran atau oksidasi terhadap AC Sahabat pecintaotomotif.com, Sahabat pecintaotomotif.com perlu langsung mempunyai mobil ke bengkel untuk melakukan perbaikan masalah ini.

Jika Sahabat pecintaotomotif.com menemukan bahwa evaporator AC Sahabat pecintaotomotif.com beku, maka Sahabat pecintaotomotif.com perlu langsung mengubah suhu AC Sahabat pecintaotomotif.com ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini dapat membantu mencairkan evaporator AC dan menghindari rusaknya lebih lanjut. Jika masalah ini tidak langsung diperbaiki, maka masalahnya dapat semakin kritis dan menyebabkan rusaknya lebih lanjut terhadap proses AC Sahabat pecintaotomotif.com